Home / Software / Tidak bisa menekan tombol keyboard untuk Aplikasi Windows 10

Tidak bisa menekan tombol keyboard untuk Aplikasi Windows 10

Rasanya frustasi sekali ketika membuka beberapa aplikasi bawaan Windows 10, tetapi ternyata ketika mengetik di keyboard, sama sekali tidak ada respon. Pengalaman penulis, hal tersebut terjadi ketika melakukan Pencarian (Search), semua hal terkait setting, bahkan memasukkan password wifi pun tidak bisa.

Virtual keyboard atau On-Screen Keyboard juga sama sekali tidak membantu. rasanya ingin ganti keyboard saja. tetapi ketika ganti keyboard, masalah tetap tidak teratasi. padahal ketika mengetik di aplikasi lain seperti di browser, microsoft office dan semua aplikasi lain masih normal – normal saja.

Lalu apa solusinya?

ternyata mudah, cukup ketik c:\windows\system32\ctfmon.exe di jendela Run. Untuk membuka jendela Run, cukup ketik kombinasi tombol Windows +R. Lihat gambar berikut:

ctfmon.exe ini adalah CTF loader, yang mengontrol user input dan language bar. Secara default, CTF loader ini sudah berjalan sejak windows start up, tetapi dalam beberapa hal, ada error sehingga gagal berjalan ketika Windows start up, sehingga menyebabkan error seperti di atas.

Silahkan coba, mudah – mudahan bisa membantu. Jika masih kesulitan, bisa hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*